Kabar Terbaru: 11 Orang Tewas 17 Hilang Penambang Emas Tertimbun Longsor

Breaking news

Live
Loading...

Kabar Terbaru: 11 Orang Tewas 17 Hilang Penambang Emas Tertimbun Longsor

Monday 8 July 2024

17 penambang merupakan bagian dari total 33 korban tanah longsor pada area tambang emas rakyat di Suwawa Timur. Dok. Istimewa (8/7/2024).


Gorontalo - Penambang emas yang tewas tertimbun longsor di Suwawa Timur, Bone Bolango, Gorontalo, bertambah jadi 11 orang. Selain itu, ada 17 orang yang masih dicari petugas SAR gabungan.


Dilansir Antara, Direktur Operasi Basarnas Brigjend TNI Edy Prakoso di Jakarta, Senin, mengatakan 17 penambang merupakan bagian dari total 33 korban tanah longsor pada area tambang emas rakyat di Suwawa Timur.


Identitas ke-17 orang tersebut sudah didapatkan oleh petugas SAR gabungan. Mereka mayoritas adalah laki-laki dan satu perempuan . Keberadaan para korban masih berstatus hilang dalam pencarian sejak Minggu (7/7) malam kemarin.


Edy mengkonfirmasi bahwa dalam operasi SAR hari ke dua ini jumlah petugas gabungan yang dikerahkan ke lokasi tambang emas Suwawa Timur total sebanyak 206 orang berikut dua unit alat berat, satu unit helikopter, dan peralatan SAR lengkap.


Tim tersebut masing-masing terdiri dari personel Kantor SAR Gorontalo sebanyak 25 orang. Selebihnya merupakan tenaga bantuan dari personel Kepolisian Daerah Gorontalo, Korem Batalyon 173, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo, Kelompok Pencinta Alam, dan seterusnya.


Berdasarkan laporan terkini dari Posko SAR Utama pada Senin siang, jumlah korban sudah bertambah dari delapan menjadi 11 orang yang meninggal dunia. Delapan di antaranya sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Gorontalo lalu beberapa sudah berada di rumah duka, dan 3 masih di lokasi longsor.


Kemudian sebanyak lima orang selamat dalam keadaan luka-luka ringan dan berat, seperti patah tulang di bagian kaki dan tulang belakang. Mereka sudah dilarikan ke sejumlah rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.


Para warga dan anggota keluarga turut membantu petugas SAR gabungan untuk melakukan proses evakuasi korban yang bisa ditemukan dari lokasi longsor tersebut.


Meski akses ke lokasi longsor cukup sulit, yakni berjarak lebih dari 20 kilometer dari jalan utama, Edy memastikan personel SAR gabungan yang dipimpin oleh Kepala Kantor SAR Gorontalo tersebut akan bertugas secara maksimal dengan harapan semua korban dapat ditemukan setidaknya kurang dari tujuh hari ke depan. (dw/*)